JEJAK LANGIT

Rabbanaa,, maa khalaqta haadzaa baatila...

my page

kesaksian sekantong kacang


pengen cerita sesuatu yang eman-eman kalo ndak tak ceritain...

kemaren pagi, janjian ketemuan sama temenku di masjid mujahidin, mau ngumpulin tugas...
janjiannya sih jam 9 teng gitu, tapi beliaunya gak dateng2..
berhubung masjidnya ramee bangeeett (buat ujian tutorial), aku memilih duduk di pojokan belakang, nunggu..

nah, di sebelah kiriku (agak jauh sih tapi) ada seorang mbak-mbak yang lagi menekuri qurannya.. dia lagi apalan. tak amati, dari dandanannya sih kayak anak pondok, qur'annya yang di pake hafalan juga khas pondok.. (gak usah tanya qur'an khas pondok bentuknya kayak gimana) :p

aku ndengerin beliau apalan. sekitar juz 25an. (wow) 
masyaAllah... bacaannya bagus, tajwidnya hampir sempurna, pengucapannya jelas, trus juga yang bikin heran, bacaannya tartil pelan-pelan, gak kayak bacaannya anak pondok yang biasanya 'ngebuuttt' ^^v 
yakin deh. enak banget di dengerin.. 

sampe ke suatu ayat,, aku ndak tau itu surat apa..
beliau diam,, mendekatkan wajahnya pada lembaran qur'an yang beliau hafalkan.. dan.. nangis...

deg.
aku terpaku. tiba-tiba,, beliau.. terlihat indah sekali dimataku... seakan ada berkas-berkas cahaya yang keluar dari dirinya....
diantara isak tangis, beliau mencoba meneruskan bacaannya,, walau airmata terurai deras, bacaannya masih sangat bagus, seakan ia tak rela ayat-ayat suci itu sampai sumbang terdengar.. jarak antar ayatnya sangat panjang, seperti beliau sedang menguatkan diri untuk bisa pantas mengucapkannya...
Allah.... getaran itu sampai ke hatiku.. #tears

tak terasa, sudah banyak sekali surat yang beliau lantunkan...

masjid semakin ramai saja oleh orang-orang...
beliau menyudahi bacaannya, dengan 'sodaqallahul'adziim' tertulus yang pernah ku lihat..
menutup qur'annya dengan lembut, lantas menciumnya.....lama.. (kayaknya beliau nangis lagi)

setelah qur'an di letakkan di meja sebelahnya,, beliau meraih tas... mencari-cari sesuatu.. aku penasaran....

dan apakah anda tahu apa yang beliau keluarkan dari tas??? KACANG!! sebungkus besar kacang. :O
dengan santai, beliau memakannya sambil mengusap sisa-sisa airmata.. (ealah. ameh ngakak tapi ra tego)

karena temanku tak juga datang, akhirnya aku dekati beliau... mau kenalan. (aku bersyukur jadi orang SKSD)

eh eh ehh,, rupaanyaa setelah ku dekatii... akuu kenaaalll beliaauu... temenku dulu di pondok,, beliau nakal juga sih dulu.. hehehe

*********************

perbincangan pertama hanya seputar nostalgia, sama-sama heran dengan perubahan yang tampak, kuliah, kabar pondok, de el el.. akhirnya sampailah pada percakapan inti yang aku inginkan..

ketika ku tanya sejak kapan nghafalin qur'an? beliau njawab, belum lama kok.. belom sampe setengah tauh apa ya??
gue #shockkk.. KOOKK BISAA?? mosok sih? ada yang ngafalin qur'an kurang dari setengah taun udah sampe juz 25an (melongo)
beliau hanya tertawa.. yo bisa dong.. apa sih yang gak bisa buat Allah...

dengan strategi tertentu.. aku mulai bertanya hal-hal yang lebih spesifik....
pandangannya menerawang ke depan, menjawab dengan sangat tenang... 
(tapi ini ngrangkai kalimatnya, pake redaksiku sendiri..)

"dulu.. aku ngrasa gak pantes buat nghafalin qur'an,, seperti tak mungkin bagi orang spertiku mampu mengemban amanah sebesar itu.. yah, kau kenal dulu aku seperti apa.. gak jauh beda lah sama kamu... (ketawa) 
tapi aku pengen byanget. liat mbak-mbaknya nghafalin tuh kayaknya gampang.. T__T aku coba ikhtiar ngapalin. baru beberapa ayat, ilang.. beberapa ayat.. ilang.. aku berdoa teruuus, minta sama Allah, untuk memudahkan jalan, untuk bisa jadi penjaga qur'an, untuk bisa mencintai quran.. (berdoa yg 'allahummarhamna bil qur'an' itu juga teruss). 
sedikit berhasil, apalanku pernah bisa sampe 2 juz. tapi eh tapiii, baru 3hari apalannya ilang semuaaaa, acak-acakan, amburadul. 

aku nyerah. kayaknya emang ditakdirin gak bis ngapalin qur'an.. aku gak berkapasitas untuk itu.
sempat. aku letakkan qur'anku, aku gak nghafalin lagi.. aku mencoba menekuni ilmu2 lain.. aku terus menyibukkan diri dengan aktifitas-aktifitas akademik,,yang melelahkan fisikku saja..gak ada ruhnya..
tapi ya namanya di pondok, tetep di tuntut buat nghafalin qur'an.. oke deh. aku coba nghafalin lagi. susaaaahhnyaa masyaAllah!! buntet. tapi ghiroh untuk bisa jadi hafidzoh itu ndak pernah padam. aku usaha dan terus usaha (walo gak berhasil2 juga)

sampai suatu ketika (pas lagi udzur),, rasanya otakku kosong, ngambang, ingin diisi. gak enak banget pokoknya. aku belajar, aku melakukan semua hal seperti biasanya, tapi gak bisa.. otakknya masih kosong. linglung. beberapa hari kayak gitu. 

terus (pas udah suci),, aku mau ngaji...
ada perasaan aneh,, sejenis nyesek yang gak bisa di deskripsikan..
ku buka qur'an pelan-pelan,, 
masyaAllah.. gak kuat liat deretan huruf-huruf arab yang tertera... jantungku bertetak 5x lebih cepat dari biasanya... tanganku gemetaran..  aku merem.
aku kecil banget, aku hina banget di hadapan qur'an.. tapi aku gak mau nglepasin tanganku dari qur'an yang ku pegang.. terbayang, kalo sampe qur'an ini lepas, aku pasti mati saat itu juga.

ku coba membuka mataku pelan-pelan,, saat itu.. untuk pertama kalinya dalam hidupku, aku jatuh cinta. aku terpesona seperti aku belum pernah melihat qur'an sebelumnya. aku jatuh cinta pada barisan kata itu,, aku jatuh cinta pada lembaran-lembaran hitam-putih itu.. aku jatuh cinta.
sungguh, aku ingin membacanya, memahami maknanya, lebih dekat dan lebih dekat.., dadaku benar-benar telah buncah oleh cinta yang menggelora..  tapi lidahku kelu, tak kuasa mengucap sama sekali. aku tergugu. ku dekap qur'anku seerat mungkin, dalam tangis yang panjang... subhanallah..

kekosongan di hatiku sudah terisi, dan jawabannya adalah qur'an.

sejak hari itu, aku tak pernah mau melepaskan qur'an.. rasanya kangenn beuudd, kalo sampe sejam aja gak mbaca qur'an. galau. 
ya jadinya gimanapun, pokoknya tetep harus ada yang dibaca, walo cuma basmalah, walo cuma alfatihah, walo cuma surat al-ikhlas.. kalok udah pegang qur'an rasanya udah lupa sama yang lainnya... dan hafalan itu mengalir begitu saja, mudah sekali terpaku di ingatan.. indah sekali.."


ziiinnggg..... masih dengan senyum menyejukkan, beliau menyudahi cerita. aku berkaca-kaca mendengar beliau mengungkap semua itu... 

anugerahilah ya Allah... aku akan terus mencoba. aku akan terus mencari. aku akan terus belajar. semoga istiqomah ^^b

******************

cinta... bukankah kau sudah mengenal kata cinta itu sejak kau lahir di muka bumi? hingga detik ini, pernahkah kau benar-benar merasa telah mencintai AL-QUR'AN sampai ia begitu lekat dan dekat di hatimu?? 


cintailah qur'an lebih dari kau mencintai dirimu... 
cintailah qur'an, melebihi cintamu pada udara, pada air, pada makanan, pada segala hal yang ada di dunia ini... 
cintailah qur'an, hinggga jantungmu berdetak 5x lebih cepat hanya karena melihat huruf-huruf yang tertera didalamnya...  
cintailah qur'an, sampai tubuhmu tak bisa menahan getar saat mulai menyentuh dan mengecup lebaran-lembaran suci itu... 
cintailah qur'an, seakan kau akan mati jika sampai kau lepaskannya...
cintailah qur'an, atau tak ada kemanfaatan yang bisa di ambil darimu...
cintailah qur'an, karena sungguh kau takkan bisa mendapat ridhaNya jika kau sampai kehilangannya... 

bersihkan hati, layakkan diri untuk bisa menjaga untaian cinta itu, sampai surga... 

dan, yang terpenting, mintalah pada pemilik segala cinta.. agar cinta itu terus menghujam dalam dada, selamanya....

keep fight kawaann!!! ayok berusaha bareng-bareeenng!! saling mengingatkan yaaa..

BE HAFIDZOHHHH..!! #ONFIRE

1 komentar:

pengeeeen...subhanallah...

 

Posting Komentar